============================================================================================ ============================================================================================

Monday, March 11, 2013

Penyembuhan Ketergantungan Rokok & Manfaat Berhenti Merokok



Bermacam-macam cara biasanya dilakukan seseorang untuk menghentikan kecanduan rokok salah satunya denga terapi yang dilakukan oleh ahli, berikut beberapa terapi yang dapat dicoba untuk menyembuhkan ketergantungan rokok:
            
1.  Terapi SEFT
          Metode baru untuk menghilangkan kecanduan rokok ini adalah Terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique). Dalam waktu 5 x 25 menit kecanduan rokok bisa hilang dengan cara mengetuk ringan dengan 2 ujung jari (tapping) di bagian tubuh tertentu, dan cara ini bisa kita lakukan sendiri. Pertama para pecandu rokok diminta untuk mencium bau rokok yang dihisapnya. Langkah ini dilakukan untuk menetralisir pikiran negatif dari mencium bau rokok itu. Kemudian terapi dilanjutkan dengan menekan dada bagian atas. Terapi dilanjutkan dengan melakukan tapping di bagian tubuh yang merupakan aliran energi kita untuk menetralisir gangguan emosi dan rasa sakit. Titik-titik tersebut adalah pada bagian atas kepala, titik permulaan alis mata, di atas tulang samping mata, 2 cm di bawah kelopak mata, tepat di bawah hidung, diantara dagu dan bagian bawah bibir, di ujung tempat bertemunya ulang dada, di bawah ketiak, di perbatasan antara tulang dada dan bagian bawah payudara, dan di bagian dalam tangan yang berbatasan dengan telapak tangan.
          Setelah tapping selesai, perokok diminta untuk mencium bau rokok kembali, lalu menghisapnya. Ternyata banyak yang bilang pusing, pahit, getir dan tidak mau mengisap lagi. Penemu metode SEFT Ahmad Faiz Zainuddin mengatakan bahwa SEFT tidak hanya mampu menghilangkan kecanduan merokok, tapi bisa juga menghilangkan stres, phobia, alergi, trauma, dan lain-lain.

2. Hipnoterapi

           Hipnotherapi telah terbukti memiliki beragam kegunaan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkenaan dengan emosi dan perilaku. Hipnoterapi sangat berguna dalam mengatasi beragam kasus berkenaan dengan kecemasan, ketegangan, depresi, phobia dan dapat membantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk seperti ketergantungan pada rokok, alkohol dan obat-obatan. Dengan memberi sugesti, seseorang terapis dapat membangun berbagai kondisi emosional positif berkenaan dengan menjadi seorang bukan perokok dan penolakan terhadap rasa ataupun aroma rokok.
           Terapi ini dilakukan tergantung tingkat kecanduan dan seberapa besar keinginan pasien untuk berhenti merokok. Rata-rata hanya dibutuhkan 2 kali sesi hipnotherapi atau hipnotis. Setelah terapi pertama biasanya pasien sudah tidak ada hasrat untuk merokok dan tidak bisa merasakan enaknya rokok lagi. Pada terapi yang kedua hanya tinggal membereskan hambatan-hambatan kecil yang kadang tersisa.
           Setelah pasien menjalani hipnotherapi, pikiran anda sudah tidak butuh rokok lagi, dan pasien tidak bisa merasakan nikmatnya rokok lagi. Rasa asap rokok yang pasien hisap adalah rasa asap tembakau yang sesungguhnya. Seperti waktu pertama kali anda mencoba rokok. Hasil hipnotherapi akan bertahan lama jika anda tidak memulai belajar merokok lagi.


Selain terapi yang membutuhkan jasa para ahli, seseorang yang kecanduan rokok juga dapat mencoba tips berhenti dari kecanduan rokok seperti berikut ini: 

1. Tips berhenti dari kecanduan rokok

·               Bulatkan tekad untuk berhenti merokok. Niatkan bahwa dengan menjalani cara berhenti merokok. Anda sedang memperbaiki kualitas hidup dan kesehatan anda bersama.Dan ingat jangan sampai ketika anda mulai bisa mengurangi intensitas merokok nantinya anda malah tergoda untuk merokok lagi karena keadaan atau emosi.
·               Agar tetap pada tekad awal tersebut, sibukkan diri anda dengan hal-hal yang berguna. Misalnya dengan rajin berolahraga. Olahraga dapat menghilangkan stress, memperbaiki mood sehingga anda tidak perlu merokok lagi. anda juga bisa pergi berekreasi dan menghabiskan waktu dengan keluarga agar anda semakin merasakan dukungan dari mereka untuk berhenti merokok.
·               Selanjutnya dari cara berhenti merokok, bersabarlah dan jangan putus asa. Pada kebanyakan orang, untuk berhenti merokok total membutuhkan waktu secara bertahap. Misalnya, jika biasanya setiap hari anda menghabiskan 12 batang rokok, mulailah untuk menguranginya menjadi 6 batangsaja, kemudian 3 batang, dan seterusnya sampai tidak ada rokok lagi yang ingin Anda hisap. Cara berhenti merokok tersebut akan mengontrol pikiran dan tubuh anda untuk lepas dari jeratan rokok.
·               Jika masih sulit juga, coba konsultasikan dengan dokter ahli. Anda juga dapat berbagi pengalaman dengan teman yang telah berhasil berhenti merokok. 


2. Cara Mudah Menghilangkan Kecanduan Rokok dalam 1 bulan

Berhenti merokok memang sulit, apalagi jika sudah kecanduan. Walau begitu, bukan berarti seseorang tak bisa meninggalkan kebiasaan buruk ini. Jurus berhenti merokok yang satu ini, dilakukan secara bertahap. Namun, seperti jurus berhenti merokok yang diterapkan banyak orang lainnya, tekad yang kuat tetap merupakan modal utama.

Cobalah tips berikut:
* Siapkan batin, bulatkan tekad untuk berhenti merokok.
* Hindarkan/hentikan minum kopi. Ganti dengan teh manis atau permen.
* Usahakan, minum air putih beberapa gelas setiap kali bangun pagi.
* Selanjutnya, buatlah jadwal:

* Tanggal 1 - 7 : hindari merokok sebelum pukul 10.00 pagi. Boleh merokok setiap hari tapi harus diingat hanya boleh setelah pukul 10.00.
* Tanggal 8 - 14 : jangan merokok sebelum pukul 12.00 siang (makan siang).
* Tanggal 15 - 21: jangan merokok sebelum pukul 15.00 sore.
* Tanggal 22 - 28: jangan merokok sebelum pukul 17.00 sore.
* Tanggal 29 - 3 : jangan merokok sebelum pukul 20.00 (makan malam).
* Cobalah merokok pada pukul 10.00 pagi tanggal 22. Anda akan merasakan pahitnya asap rokok dan aroma yang akan membuat Anda benci rokok.

         Bila godaan untuk merokok masih mengganggu, cobalah alihkan perhatian dengan mengikuti olah raga ringan, joging, dan sebagainya. Paling penting biasakan minum air putih. Jangan segera puas, jika Anda telah menyelesaikan program ini. Sebab, masih ada ancaman yang menunggu Anda. Ancaman yag paling besar datang dari teman-teman Anda yang kebetulan perokok dan biasanya akan menawarkan rokok. Namun, bila Anda berhasil melewati masa transisi — paling tidak seminggu — peluang bagi Anda untuk benar-benar keluar dari jeratan rokok, sangat besar.

        Hal apa yang menentukan keberhasilan seseorang dalam usahanya untuk berhenti merokok? Satu hal yang pasti adalah faktor kemauan.  Seseorang telah 50% berhasil jika dia benar-benar ingin terlepas dari kebiasaan merokok.  Akan tetapi, mempertahankan keinginan tersebut tidaklah semudah mengatakannya.  Dengan demikian, seseorang perlu benar-benar berniat dan yakin sepenuhnya bahwa sangatlah perlu baginya untuk berhenti merokok, serta yakin bahwa dia akan berhasil.



Manfaat Setelah Seseorang Berhenti Merokok


Berhenti Merokok Kurangi Kecemasan
Merokok kerap menjadi pelarian seseorang saat tengah stres atau dalam tekanan. Ini karena nikotin yang terkandung di dalam rokok dianggap mampu mengurangi ketegangan. Namun menurut para peneliti di Inggris menemukan orang yang berhenti merokok justru mengalami penurunan tingkat kecemasan. Penelitian dilakukan terhadap 500 perokok yang mengikuti program penghentian merokok di Inggris. Hasilnya, 68 peserta yang berhasil berhenti merokok mengalami penurunan tingkat kecemasan signifikan.
 Efek ini bahkan lebih besar pada mereka yang memiliki gangguan kecemasan suasana hati dibandingkan mereka yang merokok demi kesenangan. Penemuan tersebut mematahkan kekhawatiran para perokok bahwa berhenti merokok bisa meningkatkan kecemasan. Di sisi lain, telah terjadi peningkatan kecemasan dalam level sedang pada peserta dengan gangguan suasana hati yang gagal berhenti merokok. Sementara peserta yang merokok hanya untuk kesenangan tidak mengalami perubahan tingkat kecemasan.

Manfaat untuk Tubuh

Ada manfaat kesehatan jangka pendek dan jangka panjang jika seseorang berhenti merokok. Berikut adalah beberapa hal yang terjadi dalam tubuh sesaat setelah seseorang berhenti merokok:
·               Dalam waktu 20 menit – Laju detak jantung dan tekanan darah mulai menurun. 
·               Setelah 12 jam – Karbon monoksida dalam darah  turun ke normal. 
·               Setelah 2-12 minggu – Sirkulasi darah  membaik dan meningkatkan fungsi paru-paru. 
·               Setelah 1-9 bulan – Batuk dan sesak napas mengalami penurunan. 
·               Setelah 1 tahun – Risiko penyakit jantung koroner menurun sekitar setengah ketimbang perokok aktif. 
·               Setelah 5 tahun – Risiko stroke akan berkurang ketimbang yang non-perokok, sekitar 5 sampai 15 tahun setelah berhenti. 
·               Setelah 10 tahun – Risiko kanker paru-paru turun sekitar setengah dari para perokok dan risiko kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, leher rahim, pankreas juga mengalami penurunan.
Orang dari segala usia yang sudah mengembangkan masalah kesehatan akibat rokok juga masih bisa memperoleh manfaat dari berhenti merokok.
·               Pada umur 30-an: Harapan hidup bertambah hampir 10 tahun 
·               Pada umur 40-an: Harapan hidup bertambah 9 tahun 
·               Pada umur 50-an: Harapan hidup bertambah 6 tahun 
·               Pada umur 60-an: Harapan hidup bertambah 3 tahun
Manfaat lain yaitu:
·               Orang yang berhenti merokok setelah terkena serangan jantung mengurangi peluang sebesar 50 persen untuk memiliki serangan jantung lagi. 
·               Berhenti merokok mengurangi risiko kelebihan penyakit yang berhubungan dengan perokok pasif pada anak, seperti penyakit pernapasan (misalnya, asma) dan infeksi telinga. 
·               Berhenti merokok juga mengurangi kemungkinan impotensi, kesulitan hamil, memiliki kelahiran prematur, bayi dengan berat lahir rendah dan keguguran.
        Berhenti atau minimal mengurangi kebiasaan merokok memang bukan perkara mudah. Apalagi bagi mereka yang sudah bertahun-tahun ‘kecanduan’ rokok. Jika selama ini kampanye anti rokok lebih menekankan pada bahaya merokok seperti memicu kanker, serangan jantung, dan panyakit mematikan lainnya, sekarang mari kita lihat dari sisi lain, yakni apa yang terjadi pada tubuh seseorang jika berhasil berhenti merokok, seperti dikutip diatas.
======================================================
Banyak orang yang masih saja merokok, padahal orang tersebut sudah mengetahui bahwa rokok itu berbahaya. Apa pendapat anda mengenai pernyataan tersebut?
Komentar:



No comments:

Post a Comment